Monday, February 15, 2016

Penggantian media tanam untuk bonsai

Penggantian media tanam harus dilakukan jika akar dalam pot sudah tumbuh padat.biasanya saat umur enam bulan atau satu tahun sejak tanaman di pindah dalam pot.karenanya,saat menganti mediatanam sebaiknya sekaligus memotong akarnya.caranya bonsai beserta tanahnya di lepas dari potnya kemudian separuh dari media tanam yang menempel di perakaran di buang dan separuhnya di biarkan tetap menempel. Selanjutnya akar yang telah tumbuh padat di potong dan di sisakan akar tunjang dan sedikit akar serabutnya. Setelah itu bonsai di tanam lagi dengan media tanam baru,disiram dan di tempakan di tempat yang teduh selama dua minggu.
Penggantian. Media tanam harus segera di lakukan jika muncul beberapa indikasi,seperti pertumbuhan tunas yang lambat meskipun bonsai telah di pupuk,posturnya kurus, serta warna daun kelihatan kusam.pengantian media dilakukan jika tanah di permukaan media tanam sudah sangat keras jika di tusuk menggunakan jari tangan sehingga kita dapat dengan mudah mengetahui waktu yang tepat untuk mengganti media tanam
Akan lebih baik lagi jika mau mengganti media seluruh daun di potong semua (pruning) karena denagan cara ini tanaman ti dak mudah mati.setelah pengantian media  selesai tanaman di siram sampai basah semua .agar tanaman tigak goyah sementara pangkal pohon di ikat dengan tali yan kemudian di lilitkan dengan potnya.

No comments:

Post a Comment