Sunday, February 14, 2016

perkebunan pisang unggulan

berkebun pisang merupakan salah satu alternatif untuk memeulai usaha baru karena berkabun pisang bisa dilakukan di lahan yang ada disekitar lingkungan rumah atau  di lahan kering ( lahan tadah hujan ) untuk saat ini pkebutuhan pisang terutama pisang buah unggulan yang sangat banyak pengemarnya.
pegolahan lahan untuk berkebun pisang tidaklah sulit karena pohon tersebut tidak memerlukan perlakuan kusus.dalam hal ini pemilihan bibit yang akan di tanam adalah prioritas utama untuk mendapatkan hasil maksimal disaat panen mantinya. pohon pisang yang sangat berpotensi untuk di jadikan peluang usaha adalah jenis pisang untuk konsumsi buah ,dan pisang untuk industri kecil.untuk konsumsi buah pisang yang sangat digemari konsumen adalah kenis pisang ambon, pisang kepok kuning , pisang susu.
cara penanaman pohon pisang
1 Pengolahan lahan
pengolahan lahan untuk berkebun pisang sangat gampang sekilai , yang pertama yang harus dilakukan adalah membuat lobang untuk menanam bibit pisang dengan ukuran sekitar 50 x 50 cm dengan kedalama sekitar 30 cm .kemudian lubang tersebut di taburi ppupuk kandang sekitar 20 cm .jarak antara lubang satu dengan yang lain nya kurang lebih 2 m bila penanaman untuk skala besar.
2 pemilihan bibit
pemilihan bibit memang menjadi faktor utama dalam usaha ini karena untuk mendapatkan hasil buah yang baik maka kita harus memilih dengan baik bibit yang akan di tanam ,pemilihan bibit yang baik adalah tunas baru yang memiliki bongool sehat dan besar .janga memeilih anakan yang sudah sangat besar dan daun dudah mekar karena pohon pisang yang sudah besar tidak dapat menghasilkan buah yang baik. menurut pengalaman saya dalam hal pemilihan bibit yang besar memang terkesan baik tapi perkembangan untuk hasil buahnya tidak sesuai dengan harapan.
3 perawatan kebun pisang
perawatan kebun pisang yang sudah hidup tidaklah sulit kita hanya membersihkan dan mengemburkan tanah di sekitar pohon pisang tersebut .untuk perawatan pohon pisang yang sudah berbuah kita sama halnya dengan perawatan awal dengan tambahan membersihkan daun yang kering dan mengurangi jumlah tunas baru anakan  yang ada di sekitar pohon .dalam hal ini pengurangan anakan di maksud untuk mempercepat dan meningkatkan hasil buah karena apabila anakan terlalu banyak maka nutrisi indukan yang sudah mulai berbuah akan berkurang sehingga hasil buah tidak maksimal.
perkebunan pisang membutuhkan waktu sekitar satu tahun dari mulai tanam bibit sampai panen untuk itu pemanfaata lahan selama masa pertumbuhan pohon bisa di tanami tumbuhan lain yang memiliki umur pendek  seperti jagung kacang dan ketela pohon

No comments:

Post a Comment